Mahasiswa Berdakwah

Tema

Jadwal Shalat

Statistik

Posted by & filed under . | 3,202 views

Alhamdulillah, pujian yang tertinggi selalu kita pujikan kepada Allah, Tuhan yang Maha Mendengar, Maha Melihat dan Maha Mengetahui. Allah yang telah Mengajarkan manusia apa yang mereka tidak ketahui.

Salawat dan salam semoga selalu tercurah untuk nabi Muhammad, sahabat dan kerabatnya, serta para pengikutnya sampai akhir zaman.

Mencari ilmu adalah media bagi seseorang untuk meningkatkan dan meninggikan derajatnya, baik secara ukhrawi maupun duniawi. Dengan ilmu orang jadi tahu, dengan ilmu orang jadi bisa, dengan ilmu orang bisa jadi hebat, dengan ilmu orang bisa melakukan sesuatu yang sebelumnya dia katakan bahwa itu tidak bisa. Dengan ilmu orang jadi bisa mengenal Allah, dengan ilmu orang bisa beribadah dengan benar, dengan ilmu orang bisa menjadi lebih betaqwa kepada Allah dan lebih dekat denganNya.

Ilmu bisa didapat melalui berbagai media, formal maupun non formal. Di era informasi seperti sekarang ini, media non formal sudah sedemikian luasnya, mudah, terbuka dan canggih. Satu dari yang bisa digunakan adalah audio visual. Youtube mempelopori dan mengembangkan teknologi ini dengan baik sekali. Meski youtube dapat menampilkan vidio apa saja, namun alhamdulillah, media ini bisa juga dijadikan media dakwah, belajar dan mengajar.

Tim Pusat Kajian Hadis melihat dan menyaksikan bahwa banyak sekali vidio dakwah bertebaran dan berserakan disana. Sebagai media terbuka, seringkali gambar kebaikan bersandingan dengan gambar kemungkaran. Menghindari hal itu, harus ada saringan dan klasifikasi sehingga apa yang seharusnya tidak terlihat, ya betul tidak terlihat.

Berangkat dari ide itu, dibuatlah WARUNGUSTAD.COM. situs ini mencoba untuk mengumpulkan, lalu memilah dan menyusun ulang berdasarkan dua katagori besar:

Dakwah Berbahasa Indonesia – Dakwah Berbahasa Arab

Untuk yang berbahasa Indonesia, kumpulan ini dinamakan dengan Da’i Indonesia. Sedangkan untuk yang berbahasa Arab, kumpulan ini dinamakan dengan Ulama Dunia.

Da’I Indonesia

Group ini dibagi menjadi 7: Berdasarkan Ustadz, Ustazah, Qori, Motivator, Da’i Cilik, Dunia Islam dan Tema.

Di sisi ustadz, kami berusaha untuk merangkum semua da’i Indonesia yang filenya  ada youtube, tentu dengan syarat isi kajiannya tidak bertentangan dengan ajaran agama islam Ahlli Sunnah wa al-Jama’ah dan tidak menyebarkan rasa kebencian antar ummat Islam.

Di sisi ustadzah, meski masih sangat minim, kami juga melakukan hal yang sama dengan persyaratan ustadz.

Di Bagian Qori’, kami menghimpun qori-qori Indonesia, baik dewasa, remaja maupun anak. Di samping qori, kami juga menghimpun azan-azan dari beberapa mu’azzin dan masjid yang memiliki ciri khasnya sendiri. Di bagian ini, kami juga menampilkan hafiz cilik, yaitu mereka yang sudah hafal al-Qur’an 30 juz dalam usia yang masih sangat muda. Di sini juga ditampilkan beberapa anak atau remaja dengan kemampuan istimewa. Harapan kami, semoga vidio-vidio ini dapat menjadi motivasi tersendiri buat para orangtua dan juga anak-anak mereka.

Di Bagian Motivator, kami sengaja memilahnya karena ketika kami menggabungkan dengan ustadz, karena ketika kami melakukan hal itu kami mendapatkan kritikan dari beberapa pengguna, akhirnya kami membuatkan kelompok baru. Disamping itu, tema yang kami pilih juga yang sesuai dengan ajaran islam. Di bagian ini kami juga memasukkan puisi-puisi yang bernuansa islami. Selain sebagai variasi konten, apa yang mereka sampaikan juga merupakan hal yang baik yang mengandung pesan moral yang kuat dan dalam.

Di Bagian Da’i Cilik, kami menghimpun da’i-da’i cilik yang ada di youtube. Katarori ini masuk dalam warungustad karena kami mengharap, orang-orang tua yang sudah asyik menikmati sajian ceramah dan nasehat dari web ini, dapat juga mengajak putra-putrinya atau cucu’nya yang masih kecil untuk ditunjukkan hal-hal positif. Insya Allah ketika yang berceramah itu adalah anak kecil, mereka lebih mudah menerimanya.

Di Bagian Tema Islam, kandungannya bukanlah ceramah, akan tetapi informasi. Kami sengaja memasukkannya sebagai pengayaan informasi buat ummat akan beberapa hal yang sebaiknya diketahui. Informasi yang dimasukkan layak untuk dilihat para da’i, ustadz dan kiyai dan juga masyarakat umum.

Di Bagian Tema, kami mencoba memilahnya dengan dengan tiga saringan: Tema Besar, Sub Tema dan Tema kecil yang diambil dari judul di youtube. Kesulitannya terjadi ketika satu ceramah mengandung lebih dari dua pokok bahasan. Untuk hal seperti ini, kadang kami mengulang ceramah tsb di dua tema, atau kami hanya mengambil satu tema saja yaitu sesuai dengan tema besarnya. Sedangkan Bagi tema yang tidak berinduk pada tema yang sudah ada, kami menaruhnya di Lain-lain.

Ulama Dunia

Untuk laman Ngaji Bareng Ulama Dunia, kami membaginya menjadi tiga:

Ulama yang menjadi narasumber, Tema Kajian dan Kitab yang dikaji.

Pada bagian tema kajian, jika kajian berupa pembacaan kitab dengan penjelasannya, maka kitabnya akan masuk pada sub tema ilmu dari isi kitab. Sebagai contoh, Pengajian Kitab Tadrib al-Rawi akan masuk di sub Ilmu Hadis.

 

Referensi

Semua file yang kami muat di sini adalah diambil dari youtube. Artinya, kami sama sekali tidak merekamnya dan tidak juga menguploadnya. Kami hanya mengumpulkan apa yang ada di data youtube lalu kami memilah dan mengklasifikasi. File-file ceramah tsb tidak kami simpan di server kami, akan tetapi semua tersimpan di youtube. Wal hasil, isi ceramah tidak ada yang kami edit. Kami hanya memudahkan orang untuk menemukan file yang ingin dilihat.

Mendownload file

Untuk mendownload file, pembaca silahkan mencarinya di youtube karena sekali lagi, kami tidak menyimpannya di server kami. Kami hanya mengumpulkan, memilih dan memilah lalu menghubungkannya dengan file yang ada di youtube.

Terimakasih

Kepada Youtube yang sudah membuka apa saja untuk masuk ke jaringannya, kami ucapkan terimakasih. Semoga akan semakin dapat memberi sumbangan pendidikan untuk kecerdasan manusia.

Buat para ustadz dan Kiyai serta cendikiawan muslim, saya haturkan terimakasih dan semoga himpunan ini menjadi medan amal melalui ilmu yang bermanfaat.

Buat pemirsa, saran dan kritiknya selalu dinantikan. Ajaklah semua teman dan kerabat untuk melihat situs ini sambil berdakwah.

Buat team PKH, semoga ini menjadi amal jariah kita.

Wassalam

Jakarta, R. Awal 1434 / Januari 2013

Team

35 Responses to “Pengantar”

Berikan komentar

  • (will not be published)

  1. kusumo

    Assalamualaikum wr wb Pak Ustadz,

    Terkaiit dengan masukan dari beberapa teman tentang nama anak saya Davia Danish Muhana, saya berencana menggantinya Muhammad Danish Al-Farizi. Mohon saran dan masukanya apakan nama tsb sudah memberikan nilai positif. Nama sebelumnya yang kurang tepat adalah nama MUHANA infonya berarti teraniaya. Davia adalah adalah nama ayah dan bunda. Terimakasih Wassalamualaikum Wr.Wb Semoga situs ini akan selalu memberikan manfaat dan barokah kepada kita semua, Aamiin

    Reply
    • Ridwan Shaleh

      Wa alaikumus salam wr wb. Setahu saya, kata Danish tidak ada dalam kamus Arab, jadi saya tidak tahu artinya. Jangan terlalu percaya dengan mengartikan nama via searching internet, banyak slaahnya. Namun jika dipastikan bahwa nama Danish tidak mengandung makna keburukan, maka boleh saja menggunakan nama tersebut. Al-Farizi juga saya tidak tahu artinya. Yang saya tahu adalah Al-Farisi, artinya orang persia. Kata tersebut adalah penisbatan seorang sahabat Rasulullah yang bernama Salman. Sebaiknya tidak menghgunakan Al-Farizi, karena kata tersebut merupakan penisbatan kepada seseorang yang saya sendiri tidak tahu nisbatnya kepada siapa.
      Wallahu a’lam

      Reply
1 2